Gelar Pemenang Dicopot, Organisasi Miss Universe Fiji Terlibat Skandal Suap

Gelar Pemenang Dicopot, Organisasi Miss Universe Fiji Terlibat Skandal Suap

eavol.com – Kontes Miss Universe Fiji menuai kontroversi, setelah gelar ratu kecantikan dicopot dari pemenangnya, dan digantikan oleh runner-up. Dugaan korupsi dan suap pun mencuat terkait penyelenggaraan kontes kecantikan negara kepulauan itu.

Pada 30 Agustus 2024, Manshika Prasad dinobatkan sebagai Miss Universe Fiji 2024, setelah memperoleh empat vote dari tujuh juri di malam final. Namun berselang dua hari kemudian, runner-up pertama Nadine Roberts dinyatakan sebagai pemenang sebenarnya dalam rilis pers resmi yang dikeluarkan organisasi Miss Universe Fiji.

Dalam rilis, disebutkan bahwa pihak organizer acara tidak menjalankan prosedur yang benar dalam menentukan juara Miss Universe Fiji. Mereka mengklaim organizer bernama Grant Dwyer tidak menghitung ‘suara kedelapan’ dari pemegang lisensi kontes, Lux Projects.

Seperti dikutip dari New York Post, Lux Projects -perusahaan pengembang properti- telah membeli lisensi untuk menyelenggarakan Miss Universe Fiji. Menurut penjelasan dalam rilis tersebut, Lux Projects seharusnya juga memberikan suara untuk ikut menentukan kemenangan.

Lux Projects pun memilih Nadine Roberts, yang berarti keduanya sama-sama mendapat skor 4.

“Pemegang lisensi kemudian yang harus memutuskan pemenangnya,” seperti ditulis dalam rilis, yang kemudian menyatakan bahwa Nadine Roberts adalah pemenang yang sah.

Namun dugaan korupsi langsung muncul setelah BBC melaporkan bahwa Lux Projects disinyalir memiliki ‘hubungan erat’ dengan seorang pengusaha bernama Jamie McIntyre, yang tidak lain adalah suami Nadine. Tuduhan itu segera diklarifikasi oleh Nadine.

Wanita 30 tahun tersebut mengklaim bahwa dia adalah korban dari ‘kampanye kotor’. Nadine mengaku telah berpisah dari Jamie selama lebih dari setahun. Jadi, menurutnya, hubunganya dengan Lux Projects tidak berdampak pada hasil kontes.

Sementara itu, beberapa juri mengklaim tidak pernah diberitahu bahwa Lux Projects berhak memberikan suara dalam kompetisi tersebut. Salah satu juri, Jennifer Chan, mengatakan bahwa Manshika Prasad yang sudah jelas jadi pemenangnya dan dia ‘100 persen’ yakin bahwa kecantikannya adalah kandidat terkuat untuk mewakili Fiji di Miss Universe 2024 yang akan digelar di Meksiko pada November mendatang.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *