Kisah Pengusaha Pet Food yang Jadi Miliuner di Usia 19 Tahun

Kisah Pengusaha Pet Food yang Jadi Miliuner di Usia 19 Tahun

eavol.com – Meski tidak mudah bukan hal yang mustahil untuk anak muda jadi jutawan dengan usaha sendiri. Kisah sukses seorang pengusaha pet food ini pun jadi bukti. Munashraf Munawar memulai bisnisnya sejak muda dan sukses mengembangkannya hingga jadi brand terkenal. Munashraf bahkan disebut sudah menyandang status miliuner di usia 19 tahun.

Munashraf Munawar adalah pria asal Malaysia yang mendirikan BioVet Medical Malaysia (BioVet). Perusahaannya memproduksi makanan untuk berbagai hewan peliharaan dan vitamin-vitaminnya. Dilansir New Straits Times, BioVet kini bernilai RM 26 juta (Rp 88 miliaran) dan memiliki lebih dari 200 pegawai.

Pria 23 tahun itu pun mengungkap kisah suksesnya. Bisnisnya dimulai ketika Munashraf berdagang sneakers di usia 15 tahun. Ketika itu, ia memanfaatkan media sosial untuk memasarkan sepatu-sepatu impor dari China kepada teman-temannya. Usaha itu cukup menguntungkan dan mengasah kemampuan berbisnisnya.

Munashraf sendiri mengaku bukan berasal dari keluarga yang kaya. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai pegawai kantoran biasa. Tapi Munashraf bertekad untuk mencari kesuksesan dari berdagang. Setelah sempat berhenti jualan karena ujian, ia akhirnya melanjutkan usaha dengan menjajakan keripik dan cokelat

“Apa yang bisa dijual, saya jual,” katanya.

Munashraf pun belajar mengenai marketing dan sales dari pengalamannya sendiri. Selagi berjualan, ia juga tetap mencari lowongan pekerjaan di perusahaan. Tapi suatu hari pria tersebut menemukan ide bisnis baru ketika kucingnya dan kucing temannya sakit. Saat itu keduanya mendapati antrean dokter hewan yang mengular.

Punya pengalaman yang sama, mereka lalu terpikir untuk memulai usaha di bidang kesehatan hewan. Keduanya kemudian membangun BioVet yang bisa dibilang langsung sukses. Di tahun pertamanya, BioVet sudah menghasilkan RM 1 juta (Rp 3,3 miliaran) penjualan. Munashraf pun jadi miliuner di usia 19.

Ketika ditanya mengenai rahasia suksesnya, Munashraf berterima kasih kepada timnya yang bekerja keras. Ia pun bersyukur karena memulai bisnis sejak muda dan mendapat ilmu dari berjualan langsung. Dari situ, ia mendapat cara-cara yang tidak konvensional.

“Itu adalah proses yang akhirnya juga mengembangkan kemampuan dan pengetahuanmu jadi jangan menyerah,” ungkapnya.

Meski sudah sukses, Munashraf belum berhenti bercita-cita. Dikatakan jika ia berkeinginan untuk kuliah dan mengambil jurusan hukum selagi tetap mengembangkan usaha. Walau ayahnya menyarankan agar Munashraf menjadi pegawai pemerintahan, ia tetap bertekad untuk terus berdagang.

Baca Juga:

Rokokslot

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *